Pembiasaan Berbahasa Jawa di PAUD Desa Srabah Bersama Mahasiswa KKN

WIWIT WINARTO 05 Agustus 2022 06:04:30 WIB

Srabah, Bendungan - Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilakukan oleh mahasiswa UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dilakukan selama 35 hari, salah satunya bertempat di Desa Srabah. Kegiatan KKN dilaksanakan mulai 21 Juli - 28 Agustus 2022. Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN kelompok 1 di Desa Srabah yaitu membantu proses pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Kegiatan belajar mengajar di PAUD dilaksanakan setiap hari mulai senin sampai kamis.

Ada dua PAUD di Desa Srabah, yaitu PAUD "Lentera Hati 1" yang berlokasi di Dusun Jeruk dan PAUD "Lentera Hati 2" yang bertempat di Dusun Ampel Gading. Setiap PAUD memiliki murid sekitar 12-15 anak dengan umur 3-4 tahun. Pada setiap PAUD terdapat 2 mahasiswi KKN yang ikut serta membantu mengajar. Kegiatan belajar sambil bermain dan bernyanyi diterapkan dalam kegiatan pembelajaran supaya anak-anak mudah dalam memahami materi yang disampaikan.

Setiap hari, anak-anak PAUD diajari berbagai ilmu pengetahuan mulai dari pengetahuan umum hingga materi tentang muatan lokal. Misalnya, pada hari Selasa anak-anak PAUD yang ada di Dusun Jeruk diajari materi tentang bahasa Jawa. Mereka sangat senang belajar berhitung sambil bernyanyi dengan bahasa jawa krama. "Mengedukasi anak-anak dengan nyanyian sangat efektif dilakukan, terutama diusia yang masih balita", ujar Nadia Huril, Mahasiswa KKN. Selain bahasa jawa, anak-anak juga belajar tentang kebutuhan hidup sehari-hari salah satunya makanan 4 sehat 5 sempurna.

Dokumen Lampiran : PAUD Lentera Hati


Komentar atas Pembiasaan Berbahasa Jawa di PAUD Desa Srabah Bersama Mahasiswa KKN

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi SRABAH

tampilkan dalam peta lebih besar