Partisipasi Mahasiswa KKN UIN SATU Tulungagung di TPQ Desa Srabah

WIWIT WINARTO 10 Agustus 2022 21:18:10 WIB

Srabah, Bendungan - Mahasiswa KKN UIN SATU Tulungagung membantu kegiatan pembelajaran di TPQ Desa Srabah. Dari 3 dusun yang ada di Desa Srabah terdapat 8 TPQ (Taman Pendidikan Alquran), 4 diantaranya terdapat di Dusun Srabah, 3 di Dusun jeruk dan 1 di Dusun Ampal Gading. Peserta didik yang belajar di TPQ berasal dari berbagai kalangan mulai dari PAUD hingga SMP/MTS.

Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) merupakan sarana untuk mendidik dan membangun karakter anak, karena melalui Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) anak dilatih sejak dini untuk mengenal, memahami, mempelajari, dan menerapkan pendidikan Islam sebagai pedoman hidup dalam diri dan karakter anak dimasa depan, karena dizaman modern ini penerapan pendidikan islam sangat diperlukan sebagai pembentuk karakter yang berjiwa islami dan religi. TPQ merupakan lembaga pendidikan non formal yang berorientasi pada kegiatan baca tulis Al-quran, termasuk tajwid dan makhorijul huruf. Tak hanya itu, beberapa TPQ di Desa Srabah juga mengintegrasikan pembelajarannya dengan kitab-kitab dan tata cara sholat. Misalnya saja, di TPQ RT.05 selain membaca Alquran murid-muridnya juga belajar kitab fasolatan, ngudi susilo, dan ro'sun sirah. Dengan adanya kegiatan belajar di TPQ diharapkan anak-anak dapat mempelajari agama islam lebih mendalam.

Setiap TPQ memiliki jadwal mengaji yang berbeda-beda. TPQ Ampel Gading memulai kegiatan mengaji pada pukul 15.30 WIB, TPQ di Dusun Jeruk dimulai pada pukul 14.00 WIB, sedangkan TPQ di Dusun Srabah dimulai pukul 18.30 WIB dan berakhir pada 20.00 WIB. Semua mahasiswa KKN kelompok Desa Srabah 1 ikut serta dalam kegiatan mengajar di TPQ Desa Srabah. Pada masing-masing TPQ terdapat 3-4 mahasiswa KKN.

Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) memiliki peran penting dalam membentuk akhlakul karimah pada anak. TPQ yang juga bekerjasama dengan orang tua selain peranannya mengajar anak-anak membaca Al-Qur’an juga memberikan nilai tambah yang sangat membantu tersebut. Dengan kerjasama yang baik antara Pembina Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) dan orang tua santri serta masyarakat, maka akan tercipta anak yang berakhlak mulia, dan melakukan upaya-upaya pembinaan akhlak anak yang dapat memacu semangat dan mendorong pembinaan yang lebih kreatif dan inovatif.

Para santri sangat antusias dalam mengikuti kegiatan mengaji di TPQ. Tak hanya itu, orang tua dari para santri juga mendukung kegiatan tersebut. Bahkan, beberapa dari orang tua ikut serta menunggu anaknya yang sedang mengaji. Melalui pendidikan TPQ di Desa Srabah diharapkan mampu menumbuhkan karakter anak sejak dini yang memegang teguh nilai-nilai agama Islam. Pada dasarnya Taman pendidikan Al-Quran (TPQ) berperan penting dalam meningkatkan kualitas taraf pendidikan islam dimasyarakat. Sehingga mampu membangun generasi muda yang berakhlakul karimah dan berjiwa islamiyah di zaman modern ini.

Komentar atas Partisipasi Mahasiswa KKN UIN SATU Tulungagung di TPQ Desa Srabah

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi SRABAH

tampilkan dalam peta lebih besar